SPESIFIKASI DAN KOMPONEN MESIN PENCACAH LIMBAH PLASTIK

SPESIFIKASI DAN KOMPONEN MESIN PENCACAH LIMBAH PLASTIK

Berikut ini gambar dan spesifikasi mesin crusher plastik

Untitled 3

Spesifikasi dari tipe yang umum diproduksi untuk industri pengolahan limbah plastik menengah adalah sebagai berikut

Untitled 4

Komponen utama yang terdapat dalam mesin pencacah plastic dia atas adalah :
1) Pisau

Berfungsi sebagai komponen utama yang bersentuhan langsung dengan bahan plastic atau limbah yang akan memotong-motong limbah plastic, biasanya terbuat dari bahan stainless steel yang tahan karat.

2) Motor

Motor penggerak ini berfungsi sebagai penggerak poros yangh akan menjadi sumber penggerak utama yang akan menggerakan pisau dan poros nya.

3) Poros

Berfungsi sebagai tempat menempelnya pisau yang bergereak memutar mengikuti kecepatan motor penggerak. Poros ini tersambung langsung ke motor atau ada juga yang menggunakan puli atau sabuk penghubung.

4) Bantalan

Untuk mengurangi koefisien gesekan antara as dan rumahnya. Menjadikan as dan rumahnya tidak aus karena tidak bergesekan langsung tapi melalui bearing. Mempermudah maintenance peralatan yang berputar. Memper murah biaya pembuatan as ( as tidak perlu dibuat dari baja kwalitas tinggi) Menjadikan alat yang berputar heavy duty dan mengurangi waktu perawatan.

5) Pulley

Puli merupakan tempat sabuk untuk pemindah daya dari motor ke poros

Berikut ini beberapa rangkaian langkah-langkah yg dilakukan selama proses pengolahan sampah plastik:

  1. Pengelompokan jenis plastik kantong atau botol, pengelompokan dilakukan secara manual oleh petugas sortir. selain dari jenis plastik, pengelompokan juga dilakukan berdasarkan warna, karena perbedaan warna biasanya menunjukkan jenis plastik yang berbeda. Apabila kita yakin bahwa jenis plastiknya sama, maka pengelompokan plastik bisa dilakukan berdasarkan jenisnya saja.
  2. Setelah pengelompokan dilakukan, plastik dimasukkan ke dalam mesin, mesin dinyalakan terlebih dulu dengan mengasktifkan mesin motor diesel (atau motor listrik) yg dikaitkan dengan mesin penggilingnya. diperlukan petugas untuk memasukkan bahan plastik ke mesin. pada proses ini bagian atas mesin terdapat corong untuk memasukkan air + deterjen sebagai sarana pencucian plastik tahap pertama. selain terjadi proses pencucian, plastik mengalami pencacahan/penggilingan sehingga ukuran menjadi lebih kecil.
  3. Di dalam mesin terdapat saringan, sehingga bila ukuran plastik yg hancur sudah sesuai lubang saringan, akan keluar sbg hasil (biji plastik).
  4. Hasil yg keluar dari mesin tersebut dicuci kembali (pencucian tahap 2), sehingga hasilnya benar2 bersih dari tanah yg menempel.
  5. Hasil/biji plastik tsb dikeringkan dengan menggunakan mesin secara terpisah (atau manual dengan memanfaatkan sinar matahari)

sumber : http://mediasurviva.wordpress.com/2009/04/13/go-green-mesin-pengolah-sampah-plastik/

https://bayuarista1994.wordpress.com/2014/11/15/spesifikasi-dan-komponen-mesin-pencacah

 

Leave a comment